19 July 2010

Cerita Sidang Sarjana

Alhamdulillah, puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan petunjuk-Nya sehingga akhirnya saya bisa merampungkan kuliahku. Shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah SAW dan para keluarga serta sahabat hingga akhir zaman.

Ucapan terima kasih sebesar-besarnya, saya ucapkan buat ibu saya yg telah memberikan doa dan ridhonya dalam menuntut ilmu dan yang menjadikan motivasi saya untuk menepati janji kepada ibu saya bahwa saya harus lulus tahun ini juga. dan gelar sarjana ini saya persembahkan buat almarhum ayah saya, yang dulu telah mengajarkan saya tentang pentingnya ibadah kepada Allah dan pentingnya akan menuntut ilmu. Dan sekarang Alhamdulillah, dalam waktu dekat InshaAllah anakmu ini akan mendapatkan gelar insinyur ayah.

Ucapan terima kasih sebesar-besarnya juga saya ucapkan buat semua temen2ku yang telah memberikan doa, dukungan, bantuan, masukan, saran, dan petuahnya. yang sangat memotivasi saya untuk mengakhiri perkuliahan ini dengan segera (ya maklumla sudah lima tahun kuliah belum kelar2 juga :o..hehehe).

Mengenai cerita sidang sarjana saya kemaren hari kamis, tanggal 15 juli 2010. Emang bener-bener hari bersejarah bagi saya, saya diuji dengan 2 profesor, 2 doktor, dan 2 dosen senior. Dan ini sangat membuatku nervous. semuanya tentu sudah ahli di bidangnya masing-masing. Saya diuji dengan berbagai rumus yang telah saya buat dalam bahasa program dibandingkan dengan berdasarkan teori mereka. dan tidak dapat dibantah lagi, kalau mereka sudah menciptakan rumus, sedangkan saya cuma pakai rumus yang saya ambil dari berbagai referensi dalam dan luar negri.

Tapi ada kebanggaan tersendiri, karena penelitian saya ini terbilang langka pada jurusan yang saya interest di dalamnya (mining engineering). Pembuatan program simulasi yang mungkin masih di bilang sederhana (secara bikinan seorang mahasiswa gitu loh). yang pasti tidak sebaik bikinan corporate pastinya. tapi setidaknya, saya berusaha untuk menciptakan inovasi baru dalam dunia pertambangan Indonesia. Dan yang mengagetkan ketika pak prof bilang "penelitian kamu ini menggunakan program ya, nanti setelah S2 kamu bikin program ya". lalu saya jawab "maaf pak, program ini saya bikin sendiri pak". lalu pak Prof liat draft saya kembali, dan diliatnya pada halaman yang saya lampirkan kode-kode program yang saya buat. dan diapun tersenyum..iya cuma tersenyum doank..hikss..:)

jadi saya bisa ngambil kesimpulan dari perbincangan dengan pak Prof, kalau skripsi saya ini setara dengan thesis ya..hohoho...alaahh ke-GR-an. ya gpplah..namanya juga usaha..capek lo bikin programnya..emangnya gampang, hehehe :o..yang bilang gampang ya wajar aja mungkin bagi mereka yg sudah masternya..lah saya ini cuma anak teknik yg bikin program. dan pemrogramanpun cuma 2 sks tentang dasar2 pula. selebihnya saya otodidak buat belajar programming. jadi saya gak begitu getol yang namanya pemrograman seperti anak2 ILKOM (ilmu komputer), mereka pasti sudah jago tentunya.

Ditengah coding program yang telah saya bikin, terdapat untaian doa dan secercah harapan di dalamnya. dan semoga saja program saya ini dapat digunakan oleh banyak orang khususnya dalam bidang pertambangan. at least..buat adek2 tingkat aja kali yak..walau sulit mungkin dipake di perusahaan tambang. secara mereka sudah punya software yang lebih terpecaya pastinya.

Semoga dengan selesainya sidang sarjana ini, saya bisa melangkah ke langkah-langkah selanjutnya yang lebih baik. harapan saya gak muluk2 kok. saya cuma pengen pensiunin ibu saya yang berjualan demi membiayai saya kuliah. kalau bisa saya saja yang cari duit, biar ibu istirahat saja. dan pengennya sih berangkatin ibu saya pergi haji. Saya pengen bahagiain orang-orang terdekat yang saya cintai dan bermanfaat bagi orang banyak. itu saja harapan saya. hohoho..curhat..gpplah ini cuma sekedar tulisan yang saya tuangkan dari hati saya sebagai ucapan terima kasih kepada ibu saya. Semoga semua harapan saya ini bisa tercapai..amiin..

Salam hangat,

mjcoolz21

2 comments:

saidiblogger said...

Wah selamat deh gan.. Mudah2an ilmunya bermanfaat. serta mining enginering nya juga.. :D

mjcoolz21 said...

iya...makasih ya gan... :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials