06 March 2011

150 Hari Mencari Kerja

Hari ini saya pengen nulis di blog ini mengenai perjalanan hidup saya mencari kerja setelah lulus kuliah. Emang mencari kerja itu sulit ya...Beban rasanya kalo udah sarjana tapi gak ada kerja..gak enak ama keluarga. Keluar rumah salah, gak keluar salah...iya lho kejadian itu..Sempet minder bin down juga sih ama tetangga... emang kalo diinget2, sentimen bener saya waktu itu. Perasaan orang ngeliatin saya bilang yg kagak2 deh dalem hati..wkwkwkw..

Dengan cuma berbekal ijazah insinyur, saya mencoba melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan. Bisa dihitung selama lima bulan sebagai jobseeker, akhirnya pada tanggal 1 maret ini saya baru diterima di salah satu perusahaan tambang batubara swasta nasional yang jauh dari kota.



Suka duka saya alami dalam mencari kerja. entah berapa email dan pos yang telah saya kirim ke perusahaan. Dan saya juga pernah datang langsung ke perusahaan yg ingin saya lamar. Dan sudah berapa kali saya ikut test psikotes, wawancara, dll. namun hasilnya nihil. mungkin dengan kegagalan ini saya banyak belajar banyak untuk menghadapi test2 yg diberikan oleh perusahaan untuk test di perusahaan lainnya. Saya sudah pernah ikut test recruitment semacam ini sebanyak lima kali. Dan Alhamdulillah setelah test ke lima saya baru diterima oleh perusahaan.


Selama mengirim lamaran langsung ke perusahaan kira2 sejauh 300 km (5 jam perjalanan dari kota), pengalaman saya alami bersama dua teman saya , yaa yg jadi pesaingnya temen sendiri. gak apa2lah, disini bukan lagi persaingan mah kalo temen2 sendiri, untung2an siapa rejekinya..wkwkwk...sebanyak tujuh perusahaan yg kami kirim langsung ke perusahaan yg ingin kita lamar, namun yg manggil buat test cuma satu perusahaan saja. dan pernah juga lamaran kami ditolak mentah2 oleh security perusahaan. huughh...salah satu temenku emosi, karena gimana coba?..sudah capek2 bikinnya lamarannya dan tempatnya pun jauh dari kota tempat tinggal kami, namun yaa...terserahlah, kami gak ambil pusing dan kamipun langsung pergi. Terserah mau diterima atau kagak...bodoh amat...wkwkwkw...lhoo...

Tapi Alhamdulillah, perjuangan kami membuahkan hasil. masing2 dari kami diterima kerja di perusahaan yg berbeda2. walaupun saya yg terakhir baru diterima diperusahaan...tapi saya sangat bersyukur deh paling tidak selama tiga bulan masa percobaan ini saya tidak menganggur lagi. Untuk selanjutnya diterima menjadi karyawan tetap atau tidak diliat dari hasil kerja saya selama masa percobaan ini.


Buat sobat2 blogger lainnya yg pada nyari kerja, jangan patah semangat ya sob....belajarlah dari kegagalan, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan pemilik alam semesta ini... 


Salam,




mjcoolz21

1 comments:

komunikarir said...

Selamat ya... tukang insinyur sudah dapet kerja :)
Padahal sejak dulu ada strategi khusus buat nulis CV dan menghadapi wawancara kerja di www.komunikarir.com
Bro gak bakal susah cari kerja, kalau dah tau strateginya :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials