25 October 2008

Instal Windows XP ke Laptop SATA

Diawali dengan Laptop bermerek Acer. Banyak orang komplin, karena laptop tersebut tidak bisa di instal Windows XP. HDD not detect. Sekarang para pemakai Laptop Toshiba pun mulai banyak yang menjadi korban vista.

Untuk menginstal Windows XP pada Laptop yang menggunakan SATA AHCI, ada beberapa cara / solusi yang dapat saya berikan :

SOLUSI PERTAMA :

Gunakan Floppy eksternal untuk instal driver SATA. Namun mahalnya Floppy eksternal dan sangat amat jarang digunakan menjadikan solusi ini masih membuat orang berfikir berulang kali untuk menggunakannya.

SOLUSI KEDUA :

Instal Driver SATA langsung ke CD Windows XP, sehingga tidak perlu menggunakan Floppy eksternal lagi karena Driver SATA telah kita tambahkan ke CD Installation XP.

Kita dapat menambahkan Driver For SATA ke CD Windows XP dengan menggunakan program N-Lite.

Namun cara ini relatif sulit, terutama bagi user Newbe. Tidak semua orang bisa menggunakannya walaupun user tersebut telah terbiasa menginstal windows sendiri.

Saya tidak akan menerangkan cara menambahkan driver SATA ke CD XP, karena sudah banyak situs / blog yang menerangkan cara membuatnya. (sebenarnya ini cuma alasan doang, karena sampai sekarang saya sendiri belum berhasil memodifikasi CD XP menggunakan N-Lite . . . He he he . . . Jaim dikit boleh dong !)

SOLUSI KETIGA :

Cara ketiga ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Yaitu dengan mengubah option bios pada menu HDD mode. Ubah option-nya menjadi : ” SATA AHCImode to IDE mode

Syaratnya cuma satu … Bios pada laptop harus memiliki future menu tersebut. Untuk Laptop Acer sekarang sudah menggunakan future untuk merubah SATAAHCI mode to IDE mode.

Setelah melakukan perubahan pada bios silahkan langsung instalkan Windows Xp.

SOLUSI KEEMPAT :

Bila ketiga solusi di atas tidak bisa anda lakukan juga, maka silahkan download langsung saja Image Windows-XP-Dark-Edition-V.6-Power-Pack dari internet. Kamu ga usah susah-susah mikir, langsung sedot . . . langsung instal. OKE !

6tz7slk

PART 1 RAPIDSHARE

PART 2 RAPIDSHARE

PART 3 RAPIDSHARE

PART 4 RAPIDSHARE

PART 5 RAPIDSHARE

PART 6 RAPIDSHARE

PART 7 RAPIDSHARE

  Sumber : Instal Xp Di SATA


5 comments:

Anonymous said...

Bukannya sekarang dah banyak win xp sp3 + sata driver, apakah kudu pake Windows-XP-Dark-Edition-V.6-Power-Pack ?

=Salam kenal=

Anonymous said...

Oya aku pake laptop compaq v3738, bawaan OS Vista. trus pas mau cari driver buat win xp ( buat persiapan aja tapi belom di instal xp ) gak ada tuch di websitenya. Ada yang bisa kasih bantuan?

Anonymous said...

hari gini koq msh pake xp mas...?? bukan nya ni OS dah masuk kategori primitif ya? :)

lagian sejak keluar sp1 nya vista, jd tmbh OK koq vista tuh, kenceng juga sama kek xp.

Anonymous said...

XP masih diperlukan mas "anonim", ga semua program bisa jalan di vista. lagian klo ga salah vista kan produk gagal.

Anonymous said...

ane ga malu pake xp juga ko Gan

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials