07 January 2010

Genesa Pembentukan Laut Merah

Laut Merah adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez. Laut ini di tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan koral.

Laut merah bermula dari pemisahan Arabia dari Africa 34 juta tahun yang laut dari selatan ke utara. Pada awalnya laut merah ini terbentuk akibat adanya rifting pada ocean crust (divergen boundary). aktifitas hidrotermal (hot water) yang berasosiasi dengan zona vulkanik aktif pada lantai samudra yang membentuk convection-heat flow. Zona ini termasuk mioceanic ridges yang membentuk lempeng samudera baru dan island arc pada margin zona subduksi dan lempeng samudra lama. Endapan hidrotermal akan tetap exist pada dasar laut sampai terbentuk spreading center dan membentuk samudra yang baru.





TEKTONIK LEMPENG





OCEAN - OCEAN DIVERGENCE (RIFTING)


Berdasarkan Teori yagn dikembangkan oleh H. H. Hess (1961), Princeton University. Teori ini menjelaskan tentang mekanisme apungan benua
Prosesnya:
1. Lantai samudera memisah, oleh arus konveksi pada mentel, bergerak saling menjauh dari punggungan samudera.
2. Magma keluar melalui rekahan yang terbentuk pada “rift valley”, kerak samudera yang baru terbentuk.

Arus konveksi ini disebut juga siklus samudera dan daratan .Dalam proses ini, sebagian dari dasar samudera berubah menjadi daratan oleh letusan gunung berapi yang terus menerus berulang. Daratan juga membelah dengan proses akibat retakan dan penyekungan bumi menjadi dua bagianterpisah oleh lautan yang memanjang seperti Laut Merah bahkan laut ini senantiasa meluas sehingga berubah menjadi samudera.

Daya penggerak utama yang bekerja dalam mekanisme pergerakan lempeng ialah :
a. Slab - pull
b. Push ridge



TRANSFORM FAULT


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials