11 September 2008

Apa Itu Bandwidth ?

Jika kita telah mengenal internet atau paling tidak pernah menggunakan internet kita pasti pernah mendengar istilah bandwidth, yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah bandwidth itu ?

Bandwidth adalah seberapa banyak (kilobyte) jumlah data yang mengalir dari server ke pengunjung. Misal, jumlah keseluruhan halaman depan kita adalah 100 KB (HTML & semua elemennya). Jika ada 10 orang yang mengakses halaman ini maka bandwidth yang terpakai adalah 1.000 KB. Semakin banyak kunjungan ke website Anda maka bandwidth yang dibutuhkan semakin besar.

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Trafik) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Misalnya anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account anda bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman web anda ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account anda dan sebagainya.

Di dalam jaringan komputer, bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.

Setelah menjawab apa itu bandwidth, sering juga ada pertanyaan lanjutan seperti “katanya 64kb/s kok waktu download cuma dapat 8kb/s?”

Dari persoalan di atas, ada yang perlu diralat. 8kB/s bukan 8kb/s, perhatikan beda b (huruf kecil) dan B (huruf kapital).

B = Byte, sedangkan
b = bit.

1 Byte = 8 bit.

Byte (bahasa Indonesia Byte itu Bita) biasanya digunakan sebagai satuan penyimpanan data dalam komputer (file dan sebagainya), sedangkan bit digunakan sebagai satuan kapasitas informasi dari sebuah digit biner (bandwidth misalnya).

Pada saat mendownload hampir semua software downloader akan mencatat berapa besar data yang dapat diambil dalam setiap detik, sehingga mereka menggunakan satuan Byte/s. Jadi untuk kasus diatas kita gak bohong lho, pelanggan mendapat bandwidth 64kb/s atau 64/8 = 8kB/s.

Sumber : idebagus, Sharren's Weblog, Jagoan Medan

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials